Home » » Cagar Alam Manggis

Cagar Alam Manggis



Cagar Alam Manggis Gadungan di tunjuk sebagai cagar alam berdasarkan SK : GB No. 83 Stbl. 392 tanggal 11 Juli 1919 dengan luas 12,0 Ha.Cagar Alam Manggis atau Cagar Alam Simpenan adalah sebuah Cagar Alam yang menyimpan banyak misteri. Menurut narasumber Bapak Sudarsono, Cagar Alam ini diberi nama Simpenan karena di dalamnya menyimpan benda – benda goib. Disana juga masih sering di pakai orang – orang setempat untuk bersamedi.
Cagar Alam Manggis Gadungan sudah ada sejak zaman Hindia – Belanda, tepatnya pada tanggal 11 November 1919. Seiring berjalannya waktu Cagar Alam ini mengalami banyak perubahan. Menurut keterangan dari Pak Sudarsono bahwa  Cagar Alam tersebut dulunya lebih gelap dan masih banyak satwa – satwa yang menghuni di dalamnya akan tetapi kondisi saat ini sudah terjadi banyak perubahan ekosistem. Hal ini dapat dilihat dengan beberapa jenis satwa yang sudah tidak tampak lagi di Cagar Alam Manggis Gadungan, dalam hal ini jenis satwa yang masih sering terlihat adalah monyet ekor panjang ( ____cari nama ilmiah nya  ). Tipe ekosistem dari Cagar Alam Manggis Gadungan adalah hutan hujan tropis dataran rendah dengan topografi Landai. Tumbuhan yang dijumpai antara lain kemiri (Aleurites moluccana), bendo (Artocarpus elasticus), bayur (Pterospermum javanicum), epeh (Ficus globosa), ipik (Ficus retusa), gondang (Ficus variegata),  nyampoh (Litsea glutinosa), rao (Dysoxylum amoroides), maduh (Laportea stimulans), berasan (Acmena accuminatisima), kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum), tutup (Macaranga rhizinoides), pasang (Quercus sondaica), dan serut (Streblus asper) sedangkan tumbuhan bawah yang ditemui antara lain aren (Arenga pinnata), rotan (Calamus javensis), sri rejeki (Aglaonema picta), anggrek tanah (Corymborchis veratrifolia).
Jenis satwa yang ada antara lain kancil (Tragulus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak), walang kopo (Petaurista elegans), rangkok (Buceros undulatus), sesap madu (Nyctarina jugularis), elang (Haliastur indus), merak (Pavo muticus), dan burung hantu (Tyto alba).  Sedangkan jenis satwa yang belum dilindungi,  antara lain monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), kalong (Pteropus vampyrus), burung bubut (Centropus sinensis), kadal (Mabouya multifasciata), bunglon (Coutus cristatellus), dan tupai (Tupaia javanica).

±Cagar Alam Manggis Gadungan di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri dan terletak pada ketinggian 100 mdpl (kaki Gunung Kelud). Panjang jalur batas kawasan sepanjang 2,8 km dan telah direalisasikan sepanjang 2,8 km pada rekontruksi tata batas kawasan tahun 1997. Jumlah Pal batas sebanyak 12 buah. Cagar Alam Manggis Gadungan terletak di desa manggis,namun setelah terbentuknya LMDH cagar alam ini di bagi menjadi 2,yaitu desa manggis dan wonorejo,hal ini juga dikarenakan adanya jalan raya yang membelah cagar alam ini sejak tahun 1980.luas cagar alam manggis gadungan yang sebenarnya ialah 13hektar dan tidak pernah berubah sejak tahun 1919.cagar alam ini merupakan salah satu cagar alam terbaik seJATIM walaupun di tengah-tengahnya terbelah oleh jalan raya keutuhan cagar alam ini tetap terjaga.
Untuk menuju cagar alam manggis gadungan ini kita bisa menempuh jarak 12km dari simpang lima gumul kediri,untuk trasportasinya kita bisa menggunakan ojek,mobil dan kendaraan pribadi.biaya untuk menuju lokasi kurang lebih 15.000,- mulai dari simpang lima gumul kediri. Surabaya - Pare dengan kendaraan umum/bis.

Pare - Cagar Alam Manggis Gadungan dengan kendaraan roda empat atau dua/ojek.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment

Comment